WhatsApp_Image_2019-02-01_at_22.51.07_1_

Desk Wasbang, Jakarta – Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam, Arief P Moekiyat memberikan materi tentang Kesadaran Bela Negara kepada para pelajar Sekolah Dasar kelas 4, 5 dan 6. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kesadaran bela negara bagi para pelajar dalam kehidupan sehari-hari agar dapat melaksanakan nilai-nilai bela negara.

“Kami memberikan materi tentang Kesadaran Bela Negara bagi para pelajar Sekolah Dasar kelas 4, 5 dan 6 pada Kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (PERJUSA) Gugus Depan Pramuka di SDN Kramat Pela 07, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran bela negara bagi para pelajar Sekolah Dasar dalam kehidupan sehari-hari agar dapat melaksanakan nilai-nilai bela negara,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam, Arief P Moekiyat di Jakarta, Jum’at (18/1/2019).

Arief mengatakan ada beberapa nilai-nilai Bela Negara yang harus dilaksanakan para pelajar tingkat SD. Pertama, cinta Tanah Air seperti menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah yg bersih; mengikuti upacara bendera tiap minggu, serta rajin belajar dan berprestasi di dalam dan luar sekolah. Kedua, sadar Berbangsa dan Bernegara seperti mematuhi aturan sekolah, saling menghormati, bertoleransi dan melestarikan nilai-nilai luhur bangsa yakni Gotong Royong, Bersatu, menghormati Guru dan Orang Tua.

Ketiga, setia kepada Pancasila sebagai Ideologi Negara seperti menghafalkan butir-butir Pancasila, melaksanakan nilai-nilai Pancasila dan menolak ajaran radikal yang bertentangan dengan Pancasila. Keempat, rela berkorban seperti membantu teman yang sedang kesulitan atau tertimpa musibah, perduli kepada murid-murid sekolah lain yang sedang mengalami bencana alam dan mengutamakan kepentingan umum atau yang lebih besar daripada kepentingan pribadi. Kelima, mempunyai kemampuan awal Bela Negara seperti mengikuti kegiatan olahraga, baris-berbaris dan PRAMUKA.

Kegiatan ini diikuti oleh 186 orang Siswa/i, 25 orang Guru dan 10 orang DKR. Diharapkan anak-anak pelajar ini sebagai generasi penerus, dapat mempunyai karakter atau budi pekerti yang baik dan bangga menjadi Bangsa Indonesia yang siap membela NKRI dalam persaingan antar bangsa pada masa depan. Mereka perlu mengenal slogan Bela Negara, yaitu:
1. Siapa kita? INDONESIA;
2. Apa Ideologi kita? PANCASILA;
3. Apa kewajiban kita? BELA NEGARA.

“Mereka juga diharapkan mampu menolak aksi-aksi yang sering mempengaruhi mereka di lingkungannya, seperti perkelahian antar pelajar, bullying, narkoba, dan lain-lain, ” kata Arief.

Dalam kesempatan itu, Kedeputian Kesbang Kemenko Polhukam juga memberikan seperangkat alat olahraga berupa bola Futsal dan Raket Bulutangkis, serta beberapa buah Al Qur’an. “Semoga ini semua bermanfaat dan sebagai amal ibadah untuk generasi muda kita. Aamin,” kata Arief.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *