POLHUKAM - Desk Pemantapan Wawasan Kebangsaan

Kesadaran Bela Negara

IMG-20151219-WA0017

Jakarta, 19 Desember 2015, deskwasbang.polkam.go.id

1.Sesuai amanat Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 30 ayat 1 dan 2 UUD 1945, Bela Negara adalah HAK dan KEWAJIBAN setiap warga negara Indonesia, Bela Negara bukan hanya kewajiban dan tanggung jawab anggota TNI dan Polri saja.

2.Menanamkan kembali semangat Wawasan Kebangsaan melalui kesadaran Bela Negara kepada rakyat agar tetap bangga sebagai bangsa Indonesia dan didadanya tertanam/berjiwa “Merah-Putih”, sebagaimana frasa lagu kebangsaan, “Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya untuk Indonesia Raya”.

3.Nilai-nilai Dasar Bela Negara adalah:
• Cinta Tanah Air.
• Sadar Berbangsa dan Bernegara.
• Yakin Pancasila sebagai Ideologi Negara.
• Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara.
• Memiliki Kemampuan Awal Bela Negara.

4.Menjaga persatuan dan kesatuan dalam Kebhinekaan merupakan salah satu modal dasar perjuangan bangsa, sehingga kita mampu menjadi bangsa yang merdeka dan bermartabat. Ancaman dan tantangan terhadap potensi    perpecahan bangsa dari dalam negeri masih cukup menonjol sejak memasuki Era Reformasi Tahun 1998 s/d sekarang, seperti Konflik Sosial yang dipicu oleh masalah bidang Politik, Kesenjangan Sosial-Ekonomi, Narkoba, dan Kerukunan Umat Beragama, Radikalisme, Terorisme, Gerakan Komunis Gaya Baru/KGB, dan lain-lain).

5.Mendorong masyarakat untuk memberikan yang terbaik agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan keamanan bagi Bangsa dan Negara, apapun tugas dan profesinya (Guru, Bidan, Dokter, Petani, Profesional dll) sebagaimana para Pahlawan, Pejuang, Pembela, dan Para Pendahulu yang telah membentuk Bangsa dan NKRI untuk selama-lamanya, bukan untuk kurun waktu tertentu.

6.Pemerintah bersama seluruh masyarakat agar siap menghadapi Era Persaingan dalam “kompetisi” antar Bangsa dan Negara yang ditandai dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir Desember 2015. Penjelasan ini diharapkan dapat memberikan gambaran umum kepada masyarakat tentang Upaya Meningkatkan Kesadaran Bela Negara yang dilakukan melalui “Pendidikan Kewarganegaraan” (Bukan Wajib Militer).

7.Banggalah selalu menjadi Bangsa Indonesia. Bukalah mata hati dan nurani anda. Kesampingkan sejenak agama, suku, budaya, kelompok dan kepentingan pribadi. Berpikir bertindak sebagai Warga Negara Indonesia yang bersedia membela NKRI !!. (APM).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kesadaran Bela Negara